Untuk mengurangi jumlah PMKS yang ada di Kabupaten Pesawaran, maka Dinas Sosial memiliki Visi untuk menentukan arah kebijakan, dan Misi yang akan dilakukan untuk mewujudkan visi yang sudah ditetapkan. Visi dan Misi Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran yaitu:

Visi

Peningkatan Taraf Kesejaahteraan Sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Melalui Usaha Kesejahteraan Sosial Antara Masyarakat dan Pemerintah

Secara terperinci visi tersebut dijabarkan sebagai berikut:

  1. Penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) adalah seseorang, keluarga, atau sekelompok masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan atau gangguan tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga tidak dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani, rohani dan sosial secara memadai dan wajar serta kurang beruntung dan mengalami ketunaan serta keterlantaran sehingga mereka tidak dapat mengakses fasilitas pelayanan publik.
  2. Usaha Kesejahteraan Sosial sebagai bagian dari upaya investasi sosial dan modal menuju keadilan sosial.
Misi
 
Misi Dinas Sosial pada hakekatnya merupakan perwujudan visi yang telah ditetapkan dalam bentuk usaha kesejahteraan sosial yang strategis dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Peningkatan sumber daya pelaku usaha kesejahteraan sosial.
  2. Mempersempit kesenjangan sosial dengan memberikan perhatian kepada masyarakat rentan dan kurang beruntung.
  3. Mencegah dan mengendalikan serta mengatasi permasalahan sosial, dampak yang tidak diharapkan dari proses globalisasi informasi dan industrialisasi.
  4. Memelihara dan memperkuat stabilitas sosial serta integrasi sosial dengan penguatan semangat kesetiakawanan sosial.
  5. Mengusahakan pembangunan kesejahteraan sosial sebagai investasi modal sosial yang memberikan manfaat.